BUDIDAYA DURIAN MUSANG KING

Saat ini permintaan dan harga durian tergolong tinggi, karena memberikan keuntungan menggiurkan bagi siapa saja yang membudidayakan. Sehingga bertanam durian merupakan sebuah prospek usaha agribisnis yang bagus. Cara bertanam durian yang baik merupakan pintu gerbang untuk menuju sukses di bidang Perkebunan Durian.

Penanaman ideal pada awal musim hujan. Saat musim kemarau pun tidak masalah tapi perlu disiram.

SYARAT TUMBUH
Tanaman durian tumbuh optimal pada ketinggian 0-800M Dpl, intensitas cahaya 40-50% dengan suhu 22-350c curah hujan ideal 1500-2500mm/pertahun. Tanah yang cocok lempung berpasir, subur dan banyak mengandung bahan organik dan PH 6-7.

PEMBIBITAN
Pilih bibit tanaman yang subur, segar, sehat dan daun banyak. Batang kokoh bebas hama dan penyakit percabangan 2-3arah dan ada tunas baru.

PERSIAPAN LAHAN
Pembukaan lahan sebaiknya pada musim kemarau. Bersihkan alang-alang dan gulma lain serta tanaman keras yang mengganggu masuknya sinar matahari. Lahan miring sebaiknya dibuat terasering. Buat Saluran-saluran pembuangan air.

JARAK TANAM
Jarak tanam ideal 12x12m atau 10x10m. Minimal 8x8m,

LUBANG TANAM
Buat Lubang tanam ukuran 50cm persegi. Pisahkan tanah bagian atas dengan bagian bawah dan biarkan 1-2minggu. Tanah bagian atas dicampur dengan 5-10kg pupuk kandang matang+2sendok FURADAN+5 genggam kapur dolomit kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam lubang tanam dan biarkan 1minggu sebelum di tanam.

Penanaman yang ideal pada awal musim hujan, Mau musim kemarau juga tidak masalah yang penting disiram. Gali lubang tanam yang berisi campuran media tanam sesui ukuran bibit. Ambil bibit dan buka plastik pembungkus tanah secara hati-hati. Tanam bibit sebatas leher akar tanpa mengikutkan batangnya. Siram air secukupnya setelah selesai tanam.

Akan lebih baik ditambah PUPUK ORAGANIK BIOBOST dengan dosisi 1 ember air dicampur dengan 3-4tutup botol BIOBOST.

PENGAIRAN
Pengairan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanaman berproduksi. Pada waktu berbunga, penyiraman dikurangi. Saat pohon durian berbunga dan saat itu tidak ada hujan/saat musim kemarau penyiraman dilakukan 3hari sekali sebanyak 20-30liter. Penyiraman paling baik saat pagi hari.

PEMANGKASAN
Pemangkasan terhadap tunas-tunas air, cabang atau ranting yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting-ranting yang tidak kena sinar matahari.

Pemangkasan cabang yang produktif, pemilihan cabang yang bagus untuk produksi buah dilakukan saat usia tanam kurang lebih 1th.