MENGENAL BENIH DURIAN BERMUTU

Benih/Bibit Durian yang bermutu adalah dasar dari keberhasilan berkebun durian, karena bila menanam benih yang salah berarti menanggung kerugian waktu, biaya dan tenaga untuk 5 tahun.

Menanam durian juga tidak boleh asal-asalan jika ingin menikmati hasilnya. Pada saat ini benih durian bisa langsung dibeli dipenangkar benih. Namun carilah penangkar yang bisa dipercaya yang durianya berkualitas baik.

A . MEMBELI BENIH DURIAN

Membeli benih durian itu gampang itu gampang-gampang susah, terutama bila membeli pada penjual yang banyak varietasnya. Idealnya kita juga harus tau ciri dari benih masing-masing varietasnya, karena kemungkinan juga banyak yang ciri-cirinya itu sama, jika kamu masih bingung untuk memilih usahakan membeli pada penangkar yang menyediakan satu varietas saja ya pada suatu daerah.

Dalam membeli benih durian yang berkualitas, pilihlah benih durian yang peragaanya itu baik. Penting juga untuk menanyakan pemupukan pada si penangkar. Perlu diingat bahawa keragaan benih setelah dibeli sangat bergantung pada 3 hal, yaitu :

Keaslian benih, perawatanya, serta faktor alam.

B . BENIH DURIAN BERSERTIFIKAT

Benih durian berlabel adalah benih durian yang memilika lebel resmi Badan Pengawasan dan Serifikasi Benih ( BPSB). Ini biasa disebut dengan benih bina, pelabelan juga biasanya bertujuan untuk menjaga mutu benih beredar di masyarakat dan mencegah pemalsuan benih.

bibit durian

Ada 2 tingkatan mutu benih yang ditandai dengan warna berbeda

  1. Benih label putih merupakan benih yang mata tempelnya bersumber langsung dari pohon induk tunggal. Ini merupakan benih kelas tertinggi yang beredar pada masyarakat khususnya balai benih.
  2. Benih label ungu merupakan benih yang dibuat dengan mata tempel dari duplikat pohon induk(batang bawah tidak ditetapkan). Ini bertujuan untuk memproduksi benih sebar.
  3. Benih label biru disebut sebagai benih sebar. Ini untuk kebun produksi buah dan dijual bebas kepada masyarakat atau perkebunan.

C . CIRI BENIH DURIAN BERKUALITAS

Sebelum memilih benih yang akan ditanam ada baiknya dari pihak pembeli menentukan terlebih dulu jenis varietas yang akan dipilih. Pertama kamu harus menyesuaikan Agroklimatnya setempat dengan varietas yang mau dipilih.

“ Agroklimat adalah area yang menjelaskan tentang keadaan suatu iklim yang mana bulan basah dan bulan kering secara berurutan dimana hal tersebut dapat menjadi acuan untuk kegiatan di sektor pertanian khususnya pada tanaman pangan.”

Setelah menentukan varietas yang akan dipilih, kemudian kita memilih benih yang berkualitas. Tentunya untuk mendapatkan pohon yang sehat dan layak untuk ditanam ya gaess. Berikut cara memilih benih durian berkualitas :

  1. Pilihlah benih yang memiliki daun dan tipe pertumbuhan sesuai dengan spesifikasi jenisnya
  2. Pilihlah benih yang tingi sesuai dengan umurnya.
  3. Batang pokok terdiri atas satu batang dan lurus.
  4. Batang atas dan bawah sama besarnya atau batang bawah lebih besar sedikit.
  5. Cabang berukuran kecil dan tumbuh kesamping. Benih yang berkualitas cabangnya merata.
  6. Bekas sambung/okulasi sudah rata dengan batang utama.
  7. Akar tunggang tidak tampak melilit pangkal batang.
  8. Kulit batang yang berkerak seperti pohon dewasa menunjukan benih sudah terlalu lama pembibitan.
  9. Batang terliat segar dan sehat, dan agak sukulen.

Jadi seperti itu ya gaes untuk memilih benih berkualitas. Okee gaess untuk kalian yang ingin memulai budidaya untuk penyediaan bibit bisa menghubungi kontak kami dibawah :

  • Alamat            : Desa Purwosari RT 06 RW 01 Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Jawa Tengah (sebelah utara balaidesa Purwosari)

#jualbibitdurian

#jualbibitdurianmontong

#jualbibitdurianbawor

#jualbibitdurianmusangking

#jualbibitdurianmerah

#jualbibitdurianbaworkakitigaunggul

#jualbibitduriandurihitam

#jualbibitduriandurihitammurah

#jualbibitdurian

#jualbibitdurianmatahri

#jualbibitdurianmatahari

#jualbibitdurianpelangi

#jualbibitdurianoche

Leave a Reply

Your email address will not be published.